A.
Tujuan
2. Mahasiswa dapat
memahami MS Access.
B.
Landasan Teori
Data diperlukan dalam segala hal, baik berupa
pengukuran, pencatatan, pengumpulan informasi, maupun pengambilan keputusan
semuanya memerlukan data. Dengan kata lain data sangat dibutuhkan karena
informasi yang ada akan memberikan arti yang sangat penting baik untuk saat ini
maupun untuk akan datang. Sehingga definisi dari data adalah informasi yang
mmengandung arti.
Database terbentuk dari sekelompok data-data yang
memiliki jenis/sifat sama. Contohnya : data mahasiswa, data dosen, dll.
Demikian juga, kumpulan dari data-data mahasiswa, data-data dosen, data-data keuangan
dan lainnya dapat dikumpulkan lagi menjadi kelompok besar, misalkan data-data
politeknik elektronika. Bahkan dalam perkembangannya, data-data tersebut dapat
berbentuk berbagai macam data, misalkan dapat berupa program, lembaran-lembaran
untuk entry (memasukkan) data, laporan-laporan. Kesemuanya itu
dapat dikumpulkan menjadi satu yang disebut dengan database. Untuk
menyimpan informasi yang ada dalam Database diperlukan table.
Salah satu contoh bentuk table adalah sebagai berikut :
Jadi Database secara mudah dapat
digambarkan sebagai kumpulan dari tabel-tabel yang saling berelasi dan
membentuk suatu tujuan tertentu. Contoh : Database Akademik, Database
Perusahaan, dll.
Berikut ini terminology atau istilah yang
dipergunakan dalam Database :
o
Database :
Sekumpulan data yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
o
Data :
fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu.
o
Tabel
: Tempat untuk menyimpan data, tabel terdiri dari field dan record
o
Field :
disebut juga dengan kolom, yaitu bagian tabel tempat menyimpan sebuah item
data.
o
Record : disebut juga dengan baris, yaitu
satu bagian informasi yang disimpan dalam tabel, misal data seorang mahasiswa
akan disimpan dalam satu record yang terdiri dari beberapa kolom/field.
Microsoft
Access
DBMS adalah
sebuah program yang memiliki fasilitas penyimpanan dan pemanggilan struktur
informasi pada sistem komputer. Microsoft Access adalah salat satu dari
Relasional Database Management System (DBMS). Database pada Access
lebih dari sekedar data. Selain tabel, sebuah file database Access juga
berisi bermacam-macam obyek database yang lain diantaranya :
ü Queri
untuk
mengorganisasi data,
ü Forms untuk
berinteraksi dengan data pada layar,
ü Reports untuk mencetak
hasil,
ü Macros & program visual
basic untuk memperluas fungsionalitas
Semua obyek ini
disimpan dalam file <filename>.mdb. Untuk menjalankan MS Access, pada
Windows klik tombol Start kemudian pilih menu Microsft
Acces pada menu yang tersedia (lihat Gambar 1.1).
Gambar 1.1
Setelah itu klik tombol Blank Database:
Gambar 1.2
Pada sisi
kanan akan muncul lokasi penyimpanan file databasesnya lalu create.
Gambar 1.3
Pada tampilan
halaman awal MS Access 2007, secara default sudah dibuatkan satu tabel dengan
nama table1 dan satu field ID. Untuk menambahkan field-field yang lain bisa
dengan cara klik dua kali Add New Field dan menggantinya(Gambar 1.4).
Supaya
lebih mudah dalam pembuatan field-fieldnya bisa dengan cara klik kanan pada
table1 dan pilih Design View. Pada halaman ini akan ditampilkan field dan
pilihan tipe datanya.
Gambar 1.4
C.
Alat dan Bahan
1.
Komputer dengan system operasi Windows.
2.
Program aplikasi MS Office 2007.
3.
Modul Praktikum Sistem Basis Data.
D.
Langkah-langkah
Praktikum.
Percobaan 1:
1.
Buka MS Access (lihat Gambar 1.1 dan Gambar
1.2)
2.
Simpan File dengan nama Akademik (lihat Gambar
1.3)
3.
Buatlah tabel dengan nama Mhs dan field-field
baru dengan tipe data dan ukuran seperti berikut (lihat Gambar 1.5 dan 1.6)
· NIM : text(10)
· NAMA : text(30)
· TEMPAT_LAHIR : text(20)
· TANGGAL_LAHIR : Date/Time
· ALAMAT : text(50)
· TELEPHONE : Number(Integer)
Gambar 1.6
Gambar 1.7
5.
Buatlah Form untuk tabel Mhs
-
Klik “Create” kemudian klik “Form” maka akan
tampil layar form (lihat Gambar 1.8)
Gambar 1.8
6.
Isi beberapa baris lagi tabel Mhs dengan
menggunakan form
-
Isi kolom pada form kemudian “save” dan
“refresh” (lihat Gambar 1.9)
Gambar 1.10
Percobaan 2:
1.
Buatlah tabel baru database Akademik dengan
nama Matkul dan field-field sebagai berikut:
·
KODE :
text(10)
·
MATKUL :
text(40)
·
SKS :
Number(Integer)
·
SEMESTER :
Number(Integer)
Gambar 1.11
Gambar 1.12
Gambar 1.13
Gambar 1.14
Gambar 1.15
E.
Tugas
1.
Jelaskan mengapa dibutuhkan data!
Ø Data berisi
sebuah fakta-fakta yang mempunyai arti sangat penting, oleh karena itu
informasi yang ada didalamnya akan memberikan sebuah arti yang sangat penting
juga, baik untuk masa sekarang ataupun masa yang akan datang.
2.
Jelakan manfaat database dan contohnya!
Ø Sebagai
komponen utama atau penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar
dalam menyediakan informasi.
Ø Menentukan
kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang
disajikan tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih
efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
Ø Mengatasi
kerangkapan data (redundancy data).
Ø Menghindari
terjadinya inkonsistensi data.
Ø Mengatasi
kesulitan dalam mengakses data.
Ø Menyusun format
yang standar dari sebuah data.
Ø Penggunaan oleh
banyak pemakai (multiple user). Sebuah database bisa dimanfaatkan
sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser).
Ø Melakukan
perlindungan dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa diakses atau
dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas dengan memberikan login dan
password terhadap masing-masing data.
Ø Agar pemakai
mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari data. Hal ini
bertujuan menyederhanakan interaksi antara pengguna dengan sistemnya dan
database dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pengguna,
programmer dan administratornya.
3.
Untuk menentukan jenis database yang digunakan,
apa yang menjadi acuan dalam pemilihan database tersebut?
Ø Pendeskripsian
kebutuhan informasi dan data
Ø Spesifikasi
data
Ø Pemrosesan yang
diperlukan oleh data
Ø Pertimbangan
keamanan
Ø Kecocokan
dengan tipe aplikasi
Ø Bahasa query
Ø Biaya tak
langsung terhadap pemrosesan
4.
Jelaskan istilah atau terminology yang
digunakan dalam database,table,field,record!
Ø Database : Sekumpulan data yang saling
berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
Ø Tabel : Objek utama dalam database yang digunakan
untuk menyimpan sekumpulan data sejenis dalam sebuah objek.
Ø Field : Disebut juga ddengan kolom, yaitu bagian
tabel tempat menyimpan sebuah item data.
Ø Record : Disebut juga dengan baris, yaitu
kumpulan dari beberapa field yang saling berhubungan dengan menempati bagian
baris.
5.
Bandingkan perbedaan pengolahan data secara
manual dengan menggunakan system database.
Ø Pengolahan data
secara manual lebih mengandalkan operasi dengan bantuan tangan dan alat seperti
pensil, pulpen, kertas, dll. Maka dari itu pengolahan ini lebih membutuhkan
banyak berkas dan penyimpanan untuk menyimpan berbagai data dan informasi,
keamanannya pun lebih rentan, data terbatas untuk dibagi, integritas data
kurang. Sifatnya konkrit. Sedangkan pengolahan data pada sistem database lebih
praktis, dapat meminimalkan duplikasi data, integritas data tinggi, keamanan
lebih terjamin, dan sharing data lebih mudah. Keduanya berbeda terletak pada
media penyimpanan.
6.
Mengapa dibutuhkan DBMS?
Ø Untuk
menyediakan tinjauan abstrak dari data bagi user. Jadi sistem menyembunyikan
informasi mengenai bagaimana data disimpan dan dirawat, tetapi data tetap dapat
diambil dengan efisien dan untuk mendeskripsikan data serta relasi,
mendokumentasikan susunan serta pendefinisian data, mengorganisasikan dan
menaruh data untuk akses yang selektif/diambil secara efektif, interaksi antara
user dengan sumber daya data, menjamin perlindungan dan keamanan sumber daya
data
7.
Pada percobaan diatas ada beberapa field yang
tipe data dan ukurannya berbeda. Jelaskan!
Ø Pada tabel Mhs,
terdapat 6 field yaitu: NIM, NAMA, TEMPAT_LAHIR, TANGGAL_LAHIR, ALAMAT,
TELEPON. Masing-masing field diatur sesuai tipe data yang dibutuhkan, pada
field NIM diatur tipe data text, berarti pada record dapat diisikan data berupa
teks huruf, angka, dan simbol-simbol lain. Ukuran tipe data pada field NIM
diatur sepanjang 10, artinya digit maksimum yang dapat dimasukkan ke dalam
record adalah 10 digit. Jika data yang dimasukkan lebih dari 10 digit, maka
digit ke-11 dan berikutnya tidak akan terbaca. Untuk pengaturan maksimum
defaultnya sendiri adalah sepanjang 255 digit. Kemudian pada field NAMA,
sama-sama diatur tipe data text, namun panjang ukurannya berbeda, yaitu 30,
artinya kita dapat memasukkan digit maksimum ke dalam record yaitu sepanjang 30
digit, melebihi 30 data ke-31 dan seterusnya tidak akan terbaca.
No comments:
Post a Comment