Elektronika dan komputer pada zaman
ini tidaklah asing di mata kita, elektronika dan komputer selalu digunakan di
hampir segala aspek kehidupan kita, bahkan kita tidak bisa sedetikpun jauh dari
mereka. Artinya kita butuh dengan adanya elektronika dan komputer untuk
memudahkan urusan kehidupan kita.
Perangkat Lunak adalah adalah sebuah
perangkat dalam dari perangkat-perangkat elektronika dan komputer tersebut,
yang menjadikan suatu perangkat lunak itu suatu kebutuhan manusia dengan
berbagai bagian disiplin ilmu yang dibidangi oleh setiap tenaga professional,
yang menjadi bagian penting dalam pertumbuhan perkembangan perangkat lunak
dengan berbagai krisis perangkat lunak menurut berbagai sisi pandang konsumen,
manajer dan pengembangan/praktisi.
Rekayasa Perangkat Lunak???
Istilah Rekayasa Perangkat Lunak
(RPL) secara umum disepakati sebagai terjemahan dari istilah Software
Engineering mulai dipopulerkan tahun 1968 pada Software Engineering
Conference yang diselenggarakan oleh NATO. Rekayasa perangkat lunak sering
di artikan oleh sebagian orang hanya sebatas pada bagaimana membuat program
komputer. Padahal ada perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak(software)
dan program komputer.
Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi.
Perangkat lunak dapat berupa program ataupun prosedur. Program adalah
kumpulan perintah yang dapat dimengerti oleh komputer, sedangkan Prosedur adalah
perintah yang dibutuhkan pengguna dalam memproses informasi(O’Brien, 1999).
Rekayasa
Perangkat Lunak (Software
Engineering) adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi
perangkat lunak, mulai tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan
spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, enkripsi/pengkodean, pengujian
sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
Tujuan RPL???
Rekayasa Perangkat Lunak mempunyai tujuan-tujuan khusus dalam
merekayasa:
- Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
- Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu.
- Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
- Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.
Ruang Lingkup RPL???
Ruang lingkup Rekayasa Perangkat Lunak sesuai definisinya (Abran
et.al., 2014),
- Software requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
- Software design mencakup proses penentuan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
- Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan pencarian kesalahan.
- Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
- Software maintenance mencakup upaya-upaya perawataan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
- Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
- Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
- Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
- Software engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi, pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL.
- Software quality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu!!!
- Disiplin Ilmu Komputer.
Model pengelompokan sub-bidang ilmu dalam disiplin ilmu komputer.
a.
Disiplin
ilmu komputer menurut klasifikasi ACM – Association for Computing Machinery
- (Gambar 1.1)
b.
Disiplin
ilmu komputer menurut klasifikasi Denning (Gambar 1.2)
c.
Disiplin
ilmu komputer menurut klasifikasi Wikipedia (Gambar 1.3)
Gambar 1.1 Gambar 1.2
Gambar 1.3
2. Disiplin
Ilmu Lain.
Rekayasa perangkat lunak selain terkait dengan disiplin ilmu komputer
tapi juga berkaitan dengan disiplin ilmu lainnya. Hubungan keterkaitan itu
dapat dilihat pada (Gambar 1.4)
Gambar 1.4
·
Bidang
ilmu manajemen meliputi akuntasi, financial, pemasaran, manajemen operasi,
ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber daya manusia, kebijakan dan
strategi bisnis.
·
Bidang
ilmu matematika meliputi aljabar linier, kalkulus, peluang, statistik, analisis
numerik dan matematika diskrit.
·
Bidang
ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang berkaitan dengan proyek, seperti
ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja, kualitas, manajemen resiko, dan
penjadwalan proyek.
·
Bidang
ilmu ergonomika menyangkut hubnungan(interaksi) antara manusia dengan
komponen-komponen lain dalam sistem komputer.
·
Bidang
ilmu rekayasa sistem meliputi teori sistem, analisis biaya keuntungan,
pemodelan, simulasi, proses dan operasi bisnis.
d Sumber Refrensi:
* Mulyanto, Aunur R.(2008)."Rekayasa Perangkat Lunak", jilid 1, (56 rekayasa perangkat lunak jilid 1.pdf). Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
No comments:
Post a Comment