March 13, 2015

Praktikum PBO (Modul 1 - Class -)

Berikut adalah class Sepeda:

Gambar 1.1

Class diatas mempunyai sebuah variable (Cadance, Speed, Gear). Class Bicycle pada Gambar 1.1 tidak memiliki fungsi utama (main method) dikarenakan class tersebut bukan merupakan program aplikasi melainkan sebuah cetak biru untuk menciptakan objek sepeda. Untuk menjalankan program aplikasi tersebut, maka harus dibuat class yang memiliki fungsi utama. Gambar 1.2 merupakan program aplikasi untuk menjalankan fungsi variable pada Gambar 1.1

Gambar 1.2

Program Aplikasi fungsi utama (main method) di Gambar 1.2 diatas menampilkan Gambar 1.3 dibawah ini.

Gambar 1.3

Latihan :
1.      Membuat class berobjek kucing yang memiliki variable {umur, warna bulu} dan fungsi {meong, ulang tahun}


Gambar 1.4
Gambar tersebut adalah program aplikasi dari objek Kucing yang mempunyai variabel berupa {umur, warnaBulu, suara, ulTahun}. Akan tetapi program diatas masih berupa cetak biru untuk fungsi pemanggilan pada Gambar 1.5 berikut.


Gambar 1.5
Program aplikasi “Class KucingNyaan” pada Gambar 1.5 tersebut digunakan untuk memanggil fungsi pada “Class Kucing” yang berupa {Umur, Warna Bulu, Suara, Bulan Lahir, cetak Data Kucing} yang menghasilkan keluaran pada Gambar 1.6 berikut.


Gambar 1.6

2.      Membuat aplikasi keuangan yang mempresentasikan objek rekening berupa variable {saldo, no rek, nama} dan fungsi berupa {cek saldo, menabung, menarik, transfer}. Kemudian membuat class untuk memanggil class keuangan tersebut.


Gambar 1.7

Fungsi pada Gambar 1.7 dipanggil dengan menggunakan fungi Transaksi pada Gambar 1.8 berikut.

Gambar 1.8

Hasil dari compile code program diatas adalah pada Gambar 1.9

Gambar 1.9

3.      Variable yang menggunakan String di kedua program diatas;
-          Warna Bulu, Suara, dan Ulang tahun.
-          Nama
Fungsi yang dimiliki oleh String diatas adalah;
-          Warna Bulu (void WarnaBl (String WB){warnaBulu = WB;} pemanggilannya berupa (Anggora.WarnaBl("Whiteflour"); )
-          Suara (void Suara (String Meong){suara = Meong;} pemnaggilannya berupa (Anggora.Suara("nyauuuuuwww"); )
-          Ulang Tahun (void DB (String Bulan){ulTahun = Bulan + " "+(2015 - umur);} ) dan pemanggilannya berupa (Anggora.DB("Agustus"); )
-        Nama (void takeName (String Name){nama = Name;} ) dan pemanggilannya (BRI.takeName("Muh Taqiyyuddin Al Faruq"); )



Pekerjaan Rumah

            Membuat class Kalimat yang merupakan program aplikasi untuk menghitung jumlah huruf dari sebuah kaliamat dan mengubah kalimat tersebut menjadi huruf KAPITAL.


Gambar 1.10

      Class pada Gambar 1.10 merupakan blueprint yang mempunyai variable {Kalimat, huruf, uppercase} dan memiliki sebuah fungsi {Kalimat, Jml_Hrf, UPPER, dan Test} yang dieksekusi menggunakan program aplikasi yang mempunyai fungsi utama( main method) pada class Gambar 1.11 berikut.

Gambar 1.11
      Fungsi utama pada program aplikasi di atas ketika di eksekusi menampilkan tampilan pada Gambar 1.12 berikut.

Gambar 1.12

No comments:

Post a Comment