Berikut adalah class Sepeda:
Gambar 1.1
Class diatas mempunyai sebuah variable (Cadance, Speed, Gear).
Class Bicycle pada Gambar 1.1 tidak memiliki fungsi utama (main method)
dikarenakan class tersebut bukan merupakan program aplikasi melainkan sebuah
cetak biru untuk menciptakan objek sepeda. Untuk menjalankan program aplikasi
tersebut, maka harus dibuat class yang memiliki fungsi utama. Gambar 1.2 merupakan
program aplikasi untuk menjalankan fungsi variable pada Gambar 1.1
Gambar 1.2
Program Aplikasi fungsi utama (main method) di Gambar 1.2 diatas
menampilkan Gambar 1.3 dibawah ini.
Gambar 1.3
Latihan :
1.
Membuat class
berobjek kucing yang memiliki variable {umur, warna bulu} dan fungsi {meong,
ulang tahun}
Gambar 1.4
Gambar tersebut
adalah program aplikasi dari objek Kucing yang mempunyai variabel berupa {umur,
warnaBulu, suara, ulTahun}. Akan tetapi program diatas masih berupa cetak biru
untuk fungsi pemanggilan pada Gambar 1.5 berikut.
Gambar 1.5
Program
aplikasi “Class KucingNyaan” pada Gambar 1.5 tersebut digunakan untuk memanggil
fungsi pada “Class Kucing” yang berupa {Umur, Warna Bulu, Suara, Bulan Lahir,
cetak Data Kucing} yang menghasilkan keluaran pada Gambar 1.6 berikut.
Gambar 1.6
2.
Membuat
aplikasi keuangan yang mempresentasikan objek rekening berupa variable {saldo,
no rek, nama} dan fungsi berupa {cek saldo, menabung, menarik, transfer}.
Kemudian membuat class untuk memanggil class keuangan tersebut.
Gambar
1.7
Fungsi pada
Gambar 1.7 dipanggil dengan menggunakan fungi Transaksi pada Gambar 1.8
berikut.
Gambar
1.8
Hasil dari
compile code program diatas adalah pada Gambar 1.9
Gambar
1.9
3. Variable yang menggunakan String di kedua program diatas;
-
Warna Bulu,
Suara, dan Ulang tahun.
-
Nama
Fungsi
yang dimiliki oleh String diatas adalah;
-
Warna Bulu (void
WarnaBl (String WB){warnaBulu = WB;} pemanggilannya berupa (Anggora.WarnaBl("Whiteflour");
)
-
Suara (void Suara
(String Meong){suara = Meong;} pemnaggilannya berupa (Anggora.Suara("nyauuuuuwww");
)
-
Ulang Tahun (void
DB (String Bulan){ulTahun = Bulan + " "+(2015 - umur);} ) dan
pemanggilannya berupa (Anggora.DB("Agustus"); )
- Nama (void
takeName (String Name){nama = Name;} ) dan pemanggilannya (BRI.takeName("Muh
Taqiyyuddin Al Faruq"); )
Pekerjaan Rumah
Membuat class
Kalimat yang merupakan program aplikasi untuk menghitung jumlah huruf dari
sebuah kaliamat dan mengubah kalimat tersebut menjadi huruf KAPITAL.
Gambar 1.10
Class pada Gambar 1.10 merupakan blueprint yang mempunyai
variable {Kalimat, huruf, uppercase} dan memiliki sebuah fungsi {Kalimat,
Jml_Hrf, UPPER, dan Test} yang dieksekusi menggunakan program aplikasi yang
mempunyai fungsi utama( main method) pada class Gambar 1.11 berikut.
Gambar 1.11
Fungsi utama pada program aplikasi di atas ketika di eksekusi
menampilkan tampilan pada Gambar 1.12 berikut.
Gambar 1.12
No comments:
Post a Comment